Apakah Momentum World Cup 2014 bermanfaat untuk semua Brand ?

Thursday, June 26, 2014

GUE TENAAAAAAR .........! Ini pertama kalinya komentar saya bisa masuk di majalah nasional. Kesempatan pertama saya untuk berceloteh singkat di media cetak ternyata data dari Majalah Mix Marketing Communication - SWA Group. Sebenarnya kesempatan berceloteh itu datang dari salah satu milis Marketing yang saya baru saja ikuti beberapa bulan terakhir ini. Ya boleh dibilang beruntung lah ya meskipun baru nampang di kolom komentar.

Tulisan kali ini adalah versi panjang dari komnetar saya mengenai Marketing dan Momen World Cup 2014 yang sedang hangat akhir-akhir ini (di samping isu pilpres 2014). Di versi cetak komentar saya memang sudah sedikit dipendekkan tanpa mengurangi makna dari keseluruhan komentar saya, karena memang majalah punya space yang terbatas. Jadi inilah versi lengkap dari komentar saya :

Piala Dunia 2014 merupakan momentum yang dinantikan bukan hanya oleh pecinta sepak bola saja namun oleh seluruh penduduk bumi. Serunya penantian selama 4 tahun bahkan sudah dimulai sejak berakhirnya pertandingan Final Spanyol VS Belanda di tahun 2010. Berbagai berita tentang persiapan World Cup di tahun 2014 sudah menjadi topik utama dalam benak masyarakat hingga perhelatan besar ini dimulai.

Tentunya para pemilik brand tidak mau ketinggalan untuk memanfaatkan momen Piala Dunia sebagai materi komunikasi untuk semakin dekat dengan konsumennya, atau bahkan bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan konsumen baru melalui event dan promosi yang bertemakan sepak bola. Memanfaatkan Piala Dunia sebagai momentum pemasaran merupakan cara yang tepat untuk bisa berkomunikasi dengan konsumen secara relevan. Relevan karena ini merupakan topik hangat yang memang sedang ada di benak seluruh konsumen. Dibandingkan kita menggelontorkan dana luar biasa dengan materi kreatif lainnya yang pada akhirnya tidak akan mendapat tempat dibenak konsumen, memanfaatkan Piala Dunia merupakan strategi yang baik untuk dieksekusi.

Meskipun PIala Dunia bisa menjadi materi pemasaran yang relevan dalam waktu dekat ini, tidak berarti semua brand perlu melakukan promosi bertemakan Piala Dunia. Pemilik Brand tetap perlu mempertimbangkan kembali siapa Target Konsumen mereka dan personality apa yang dimiliki oleh brand nya. Meski dengan membuat berbagai merchandise ber tema Piala Dunia bisa jadi meningkatkan penjualan produk anda, namun sebagai markters yang smart kita wajib mempertimbangkan apakah pemilihan strategi promosi tersebut akan mampu meningkatkan ekuitas brand kita atau tidak. Menurut saya brand yang cocok untuk ikut serta dalam event seperti ini adalah yang target konsumennya di dominasi pria (dewasa maupun anak- anak), produk yang personality nya berhubungan dengan kesegaran, semangat dan kompetisi.

Salah Satu brand yang menurut saya melakukan eksekusi promosi bertema Piala Dunia adalah brand milik PT Tirta Investama yaitu MIZONE. Mizone merupakan produk yang cocok untuk world cup karena personalitynya erat dengan SEMANGAT ! Produk Minuman Isotonik ini bahkan sudah memulai Program marketing nya bertajuk ”Brazil Semangatnya Nendang Hadiahnya” sejak awal tahun 2014. Aktifitas promosi Mizone dengan memanfaatkan euforia Piala Dunia 2014, tidak hanya berhenti pada Program Undian Berhadiah saja, namun dilanjutkan juga dengan Special Design untuk salah satu product Terbarunya Mizone COCOPINA. Botol Mizone COCOPINA di desain dengan tema sepakbola dan brazil dengan warna warni yang semarak sesuai dengan personality Semangat yang Nendang untuk konsumennya. Komunikasi Mizone juga berlanjut hingga di media sosialnya (Akun Twitter @MizoneID) yang melakukan live tweet saat pertandingan Piala Dunia 2014 berlangsung dengan Visual Grafis yang sesuai dengan tim yang sedang bertanding.

Memanfaatkan momentum memang merupakan hal yang perlu dilakukan dengan tetap mempertimbangkan relevansi momentum terhadap target market dan brand personlity anda. Inti dari semua aktifitas pemasaran adalah berkomunikasi dengan konsumen anda melalui momen - momen yang relevan baik terhadap konsumen dan juga produk anda.

You Might Also Like

1 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner