Failing Forward - John C Maxwell

Thursday, April 24, 2014

Hai Sahabat ! Saya kembali ingin berbagi mengenai pelajaran berharga yang saya dapatkan dari buku Failing Forward karya Leadership Guru John C Maxwell. Buku kali ini tidak bicara secara langsung mengenai kepemimpinan namun membahas hal yang paling sering kita coba untuk hindari dalam hidup ini yaitu KEGAGALAN ! Setiap orang yang Sukses (pada akhirnya) tidak pernah berhenti berusaha saat mengalami kegagalan (dalam prosesnya).


Saya tidak percaya pada nasib yang menimpa manusia karena perbuatannya; namun saya percaya pada nasib yang akan menimpa manusia jika tidak bertindak
- G. K. Chesterton -

Semua orang di dunia ini pasti suka pada KESUKSESAN ! Meskipun KEGAGALAN tidak disukai banyak orang namun kegagalan sesungguhnya lebih sering terjadi dibandingkan kesuksesan. Setuju ?
Saya belajar dari buku ini mindset untuk menerima kegagalan sebagai hal yang biasa terjadi dalam hidup, sebuah pelajaran yang harus kita ambil hikmahnya dan berjalan terus maju berbekal pelajaran yang berharga dari kegagalan. Banyak orang yang saat mengalami kegagalan justru membangun monumen indah dan menjagai mengagumi dan melihat terus monumen kegagalannya hingga lupa kalau tujuan perjalanannya dalah kesuksesan diujung sana.

Banyak orang gagal karena menyerah tanpa meyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan
- Thomas Edison -

Kegagalan seharusnya dilihat sebagai kejadian biasa seperti matahari terbit dan rasa lapar diperut bukan seperti gunung meletus atau banjir tsunami. Bagaimana kita memandang kegagalan dalam hidup akan menentukan repon apa yang akan kita berikan pada dunia. Kegagalan berdiri di jalan kita menuju kesuksesan, bila kita menyerah saat bertemu satu kegagalan, sudah pasti kita tidak akan menikmati kesuksesan yang kita harapkan.

Cerita yang paling saya nikmati dalam buku ini adalah kisah Sir Josep Lister. Lister adalah dokter yang menemukan cairan antiseptik yang saat ini digunakan oleh semua ahli kesehatan di seluruh dunia untuk membersihkan luka dan peralatan operasi. Sebelum merealisasikan idenya tentang Antiseptik, Lister mendapatkan banyak sekali penolakan yang bahkan harus membuat Lister kehilangan karirnya. Namun Lister TIDAK MENYERAH ! Bayangkan saja berapa banyak nyawa yang bisa hilang akibat infeksi dimeja operasi bila Lister memutuskan untuk menyerah dalam perjalanan nya menemukan Kesuksesan Antiseptik.

Dalam kenyataan hidup saya dan sahabat semua pasti pernah melakukan kesalahan dalam keputusan maupun tindakan, kegagalan pasti pernah dialami namun tidak berarti kita adalah orang gagal (bila kita tidak menyerah). Jika dirata - rata, para pengusaha gagal sebanyak 3,8 kali sebelum akhirnya berhasil dengan usahanya. Respon yang salah pada Kegagalan, akan membuat anda terjebak dalam siklus ketakutan hingga tidak akan maju untuk menyambut kesuksesan.

Siklus Ketakuran Menghentikan Kemajuan

Saat menulis tulisan ini sayapun belajar pentingnya "Jangan Menyerah" Tulisan yang sahabat baca saat ini adalah tulisan kedua, tulisan pertama hilang karena jaringan internet yang lambat. Saya sempat berteriak dalam hati karena kesal dengan tulisan panjang yang sudah saya buat sebelumnya namun saya tidak menyerah dan kemudian menulis lagi versi yang saat ini sahabat baca.

90 persen dari mereka yang gagal sebenarnya belum kalah, Mereka hanya menyerah.
- Paul J. Meyer -

Dalam buku ini John C Maxwell membagikan 15 langkah untuk mengubah kegagalan menjadi batu loncatan. yang menarik adalah "Kelemahan Diri" justru diletakkan di urutan ke 13, poin - poin awal justru bicara tentang mindset yang seharusnya kita pakai saat menghadapi kegagalan. Membaca buku ini membuat saya mengganti kacamata saya dalam melihat kegagalan dan menurut saya resiko gagal tidak akan lagi saya hindari dalam hidup ini, saya akan terus maju dan menghadapi kegagalan dengan gagah berani karena saya tahu tujuan akhirnya dalah KESUKSESAN.

You Might Also Like

0 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner