Etika Bisnis

Friday, July 29, 2011

Nilai Etika dasar
Nilai etika merupakan pemahaman nilai baik/buruk, benar/salah yang bersifat universal. Ada 3 nilai dasar yang perlu dipegang dalam penerapan nilai etika yaitu : Kejujuran, Keadilan dan integritas. Apabila ketiga nilai tersebut mendasari semua tindakan perusahaan atau individu, maka akan tercipta penerapan nilai etika yang baik dalam masyarakat. Penerapan nilai etika dalam bisnis meliputi beberapa aspek berikut :
1.    Kultur budaya dan relasi
2.    Pelaksanaan kegiatan bisnis sehari – hari
3.    Kepemimpinan dan keteladan dalam hubungan atasan – bawahan
4.    Pengambilan keputusan

Nilai Etika dalam Bisnis
Menerapkan nilai etika dalam berbisnis merupakan hal yang sangat penting. Dengan menerapkan nilai etika, perusahaan akan mampu menjadi organisasi yang sustain dalam jangka waktu panjang. Dalam dunia bisnis, banyak isu etika seperti : penipuan, penyuapan, conflict of interest, diskriminasi dan sebagainya. Isu etika tersebut sering terjadi dalam perusahaan dan menjadi dilema bagi individu yang ada di dalamnya. Dalam menerapkan nilai etika, perusahaan harus mepertimbangkan dengan jelas baik dari motivasi, proses hingga dampak akhir dari setiap tindakan yang di ambil. Prinsip teleologis dan deontologis harus selaras dikerjakan dalam penerapan nilai etika. Dengan demikian dalam penerapan etika, perusahaan tidak hanya memandang nilai etika sebagai kewajiban, namun sebagai bagian yang penting dalam mencapai tujuan akhir perusahaan yaitu sustainable company.

Program Etika dalam Perusahaan
Dalam perusahaan nilai – nilai etika yang ada perlu diatur  agar dalam pelaksanaan bisnisnya, perusahaan tidak menyimpang dari nilai – nilai etika. Dengan menentukan nilai etika yang dianut dalam perusahaan, maka nilai yang ada akan bisa disampaikan dengan lebih mudah kepada individu – individu yang baru bergabung ke dalam organisasi. Proses pembuatan program etika akan membuat semua individu dalam organisasi memiliki nilai etika dan interpretasi yang sama dalam melaksanakan aktifitas dalam organisasi. Program etika merupakan upaya memberikan petunjuk yang jelas kepada semua anggota organisasi. Code of Conduct merupakan contoh praktis program etika dalam perusahaan.

Code of Conduct adalah pedoman internal perusahaan yang berisikan Sistem Nilai, Etika Bisnis, Etika Kerja, Komitmen, serta penegakan terhadap peraturan-peraturan perusahaan bagi individu dalam menjalankan bisnis, dan aktivitas lainnya serta berinteraksi dengan stakeholders.

Code of Conduct disusun sebagai pedoman tata perilaku dalam organisasi yang meliputi sikap organisasi terhadap lingkungan eksternal dan internal, serta sikap individu yang menjadi bagian dari Organisasi. Code of Conduct harus disusun selaras dengan nilai – nilai yang mendasari gerak organisasi serta selaras dengan strategi organisasi dalam mencapai Visi dan Misinya.

Secara umum, dalam penulisan Code of Conduct digunakan sistematika sebgai berikut :
  1. Pendahuluan
  2. Nilai – nilai yang menjadi dasar organisasi
  3. Pedoman tindak tanduk
Code of Conduct dalam perkembangannyan perlu mengalami evaluasi sehingga isinya tetap selaras dengan perkembangan zaman maupun perubahan startegi perusahaan. 

You Might Also Like

0 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner