How Successful People Lead - John C Maxwell

Thursday, March 13, 2014

Buku ini saya dapatkan langsung dari Editornya Selviya Hanna (Profesional Editor dan Penterjemah) yang sangat mengerti kesukaan saya terhadap buku - buku cetakan MIC Publishing bertema Kepemimpinan. Salah satu hal kecil yang saya suka dari buku - buku John C Maxwell cetakan MIC Publishing adalah ukurannya yang tidak terlalu besar untuk bisa dibawa kemana - mana, harap maklum bagi pembaca pemula seperti saya belum mampu melahap satu buku dalam waktu satu hari. Kira - kira saya butuh sebulan untuk menyelesaikan buku setebal 240an halaman ini. Sesungguhnya saya menikmati berlama - lama membaca buku ini bukan karena sedang malas membaca tapi menurut saya buku - buku kepemimpinan seperti ini perlu dibaca perlahan agar kita mendapatkan pemahaman yang bertahap hingga puncaknya di halaman terakhir.

Anda pasti sudah tahu benar bahwa John C Maxwell selalu bicara tentang kepemimpinan yang diwujudkan dalam pengaruh terhadapan orang lain dan organisasi. Faktanya dalam pribadi setiap pemimpin ada level pengaruh yang berbeda - beda. Dalam buku ini dipaparkan 5 Level Kepemimpinan yang bisa anda pelajari, pastinya kita perlu memulai dengan memahami saat ini kita berada di level kepemimpinan yang mana.

Level Kepemimpinan yang dijelaskan John C Maxwell melalui buku ini terdiri dari :

1. Jabatan
Di level ini seorang pemimpin mengandalkan jabatan dan hak  yang dimiliki untuk bisa mempengaruhi orang lain adalah jabatan yang dimiliki. Bagian terbaik yang benar - benar menjadi pembelajaran saya adalah "Untuk menggerakkan orang lain, Pemimpin (dilevel ini) lebih banyak memberikan PERINTAH dibandingkan TELADAN"

2. Perkenanan
Membangun Hubungan ! Itulah kekuatan dari Level ke 2. Pemimpin mendapatkan perkenanan dari hubungan yang dibangun dengan orang lain. Pengikutnya akan melakukan apa yang diarahkan pemimpin karena mereka ingin melakukannya. Kunci membangun hubungan yang baik adalah keterbukaan untuk berkomunikasi. Ambil waktu untuk berinteraksi dan mengenal setiap orang dalam organisasi anda. Di level ini pemimpin perlu menginvestasikan waktu dan energinya untuk mengenal setiap orang lebih dalam, apa saja potensi mereka ? apa yang jadi mimpi mereka ? 

3. Produktivitas
Membangun hubungan yang baik dengan tim tidaklah cukup untuk membuat pemimpin memperluas pengaruhnya. Setiap pemimpin organisasi harus menunjukkan produktivitasnya dalam bekerja. Pemimpin perlu menunjukkan hasil nyata dari kerjanya sebagai kontribusi kepada Organisasi. Pemimpin yang produtif akan menjadi teladan untuk mendorong anggota tim menjadi orang - orang yang produktif juga. Dilevel ini pemimpin akan ditantang untuk menerima tekanan yang cukup berat, mengambil keputusan - keputusan yang sulit namun itu semua akan menghasilkan kepercayaan dari seluruh tim.

4. Mengembangkan Orang Lain
Level ini boleh saya bilang mendekati "Great Leader"  tidak banyak pemimpin yang berhasil ada di level ini. Pada level ke-empat, seorang pemimpin tidak lagi banyak berbicara atau memperhatikan dirinya sendiri karena fokusnya di level ini adalah mengembangka orang lain menjadi pemimpin. John C Maxwell mengatakan bahwa Pemimpin adalah orang yang berhasil menghasilkan pemimpin lainnya. Anda tidak bisa menjadi orang yang egois dan menganggap orang lain sebagai ancaman bagi posisi anda. Kalau anda masih lebih memilih mengerjakan segala sesuatu sendiri dengan pertimbangan lebih mudah dari pada melibatkan orang lain, artinya anda belum sampai di level ini. Keberhasilan setiap pemimpin di level 4 adalah keberhasilan yang melibatkan banyak sekali orang, bukan keberhasilan "one man show".

5. Puncak
Saya terpesona dengan gambaran John C Maxwell tentang pemimpin di level 5. Sungguh Luar Biasa !! Kepemimpinan bukan lagi peran yang dilakukan seseorang namun kepemimpinan adalah Jati diri orang itu. Semua pengikut mengikuti arahan pemimpin dilevel ini karena Jati Diri Pemimpin itu sendiri. Pemimpin di level ini punya kemampuan untuk memimpin organisasi lintas bidang serta selalu menjadi sumber pertimbangan untuk keputusan - keputusan strategis. Anda akan bisa berada di level ini bila anda mampu membimbing orang - orang hingga mencapai level 4.

Dalam buku ini John C Maxwell juga menyampaikan sisi negatif dan positif dari setiap Level Kepemimpinan, dari situ anda akan belajar hal positif apa yang perlu anda kerjakan dan hal - hal negatif yang perlu anda perhatikan. Saya belajar banyak hal dalam buku ini, dalam hati saya punya kerinduan untuk suatu saat nanti bisa mencapai level puncak kepemimpinan. Mari Bertumbuh bersama ...

You Might Also Like

0 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner