Internet Marketing

Tuesday, June 26, 2012

www.halamansatu.com
Internet Marketing merupakan salah satu bidang marketing yang sedang booming dalam beberapa tahun terakhir ini. Saat saya menyebut Internet Marketing, tanpa perlu menjelaskan definisinya maka pikiran anda pasti sudah membayang social media seperti Facebook dan Twitter ataupun Blog dan websites yang sudah marak digunakan saat ini sebagai sarana promosi.

Jadi secara sederhana, Internet Marketing adalah cara komunikasi pemasaran yang memanfaatkan Internet media melalui jaringan Internet. Media yang bisa anda gunakan adalah melalui :


  • Social media : Facebook, Twitter, Multiply dan youtube
  • Website dab Blog : blogger dan wordpress
Tujuan utama dari kita menggunakan Internet marketing adalah upaya memperluas jangkauan komunikasi dengan biaya yang rendah. Untuk saat ini biaya berinternet di indonesia sudah cenderung terjangkau dan tidak sulit bagi anda untuk bisa melakukan akses ke internet. Selain memperluas jangkauan, Internet marketing juga bisa menyediakan informasi bagi calon pelanggan anda 24 jam bahkan saat anda sedang beristirahat.

Untuk melakukan Internet marketing sejatinya bisa anda kerjakan secara swadaya sehingga tidak dibutuhkan investasi tenaga kerja tambahan. Saat ini sudah tersedia banyak program yang bisa melakukan posting di social media sesuai dengan schedule yang telah anda tetapkan.

Tolok ukur yang paling sederhana dalam keberhasilan Internet Marketing anda adalah apabila website / blog yang anda gunakan untuk penawaran barang, berada pada halaman pertama dari Search Engine (Google, Yahoo, Bing, dsb) pada saat calon konsumen melakukan searching. Sebagai contoh apabila ada orang yang mencari baju fashion bergaya korea maka website anda yang berisi produk - produk pakaian korea akan muncul pada halam pertama.

http://seoplus.web.id


Untuk dapat berada di halaman pertama dari sebuah searc engine anda perlu melakukan teknis SEO (Search Engine Optimization). SEO merupakan teknik memilih keyword yang tepat pada website anda sehingga search engine akan memprioritaskan anda saat keyword tersebut dicari. SEO dapat diterapkan melalui cara - cara berikut :
  1. Memilih nama website yang tepat. Bisa jadi anda menggunakan nama produk yang anda jual sebagai nama website dari pada menggunakan nama brand anda. Karena secara logika, calon konsume lebih mudah mencari nama produk dari pada nama brand
  2. Gunakan keyword yang tepat pada meta tag website anda. anda perlu melakukan analisa terhadap keyword yang sedang tren dengan mengakses database google melalui Google Trends 
  3. Sebisa mungkin website anda tidak hanya berisi gambar - gambar produk karena search engine adalah alat pencari kata bukan gambar. Isi website anda dengan tulisa - tulisan artikel yang related dengan produk anda
  4. Lakukan promosi link website anda melalui Twitter dan facebook, tentunya ada harus memilih kalimat yang menarik agar orang lain berminat untuk mengklik link anda. Dalam proses promosi melalui socila media, anda haru mengetahui prime time yang cocok dan dilakukan secara berulang.
Hal - hal tersebut dapat membantu anda melakukan Internet Marketing pada bisnis anda. Semua jenis bisnis dapat anda promosikan melalui Internet Marketing.

 "You don't have to work harder if you can makes system works for you"

You Might Also Like

1 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner