Antrian Membosankan

Wednesday, June 13, 2012

http://www.c-sharpcorner.com
Baru - baru ini di salah satu lokasi minimarket nasional di Indonesia, melakukan upaya pengurangan antrian dengan menambahkan komputer kasirnya. Saat ini untuk toko berukuran lebih kurang 14 x 9 meter dan nilai sales 2 digit, Pengelola minimarket menggunakan 4 buah komputer kasir. Meski demikian, setelah 1 minggu diimplementasikan, panjang antrian tidak banyak berkurang padahal investasi yang telah diakukan oleh peritel tersebut tidaklah sedikit.

Selama ini, bila berbicara mengenai panjang antrian para peritel akan fokus pada "jumlah sarana komputer dan tenaga kerja" yang tersedia. Untuk melakukan penambahan sarana komputer dan tenaga kerja tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Berikut ini beberap tips yang ingin saya bagikan untuk anda dalam upaya mengurangi antrian.

  1. Upayakan semua mesin kasir aktif pada saat Prime Time ( Pagi hari, jam makan siang dan sore hari seusai jam kantor)
  2. Berikan reward kepada kasir anda yang memiliki ketrampilan penghitungan dan penawaran promosi. Dengan meningkatnya kemampuan seorang kasir, maka proses penghitungan, pengelompokkan dan penawaran promosi dapat berjalan lebih cepat
  3. Pastikan uang tunai yang berada dalam laci kasir anda tertata dengan rapi sesuia pengelompokkan nominal. Proses pengembalian uang kepada konsumen seringkali menyita waktu karena tidak tersedia uang nominal kecil atau karena tidak ditata secara rapih.
  4. Membuat desain user interface POS Cashier yang user friendly dengan tombol" yang langsung mengakses transaksi yang sering terjadi sehingga kasir anda akan bergerak lebih cekatan.
  5. Bandingkan lama waktu transaksi untuk setiap metode pembayaran yang anda miliki, biasanya pembayaran secara elektronik (card, phone, dsb) menghabiskan waktu lebih banyak dari pada pembayaran secara tunai
  6. Pisahkan jalur antiran untuk pembelian biasa dan pembelian khusus (pembelian grosir, pembelian produk pulsa, layanan jasa, dsb)
  7. Sediakan vending machine atau sarana untuk konsumen melakukan transaksi sendiri tanpe melibatkan kasir.
http://www.carolinabarcode.com

You Might Also Like

0 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner