Cara Memulai Bisnis

Wednesday, June 27, 2012

"Entrepreneurship" sebuah kata yang sudah tidak asing lagi anda dengar di kalangan masyarakat Indonesia. Pemerintah sendiri sangat ingin mengembangkan jiwa entrepreneur masyarakat di Indonesia. Salah satu wujud nyata dari keingainan tersebut adala dengan bermunculannya banyak UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia akhir - akhir ini. Upaya meningkatkan entrepreneur di Indonesia juga dilakukan oleh berbagai institusi pendidikan hingga motivator - motivator terkenal di Indonesia. PPM Manajemen, salah satu kampus bisnis ternama di Jakarta Pusat bahkan memiliki jurusan ilmu Entrepreneurship untuk mahasiswanya.

Masyarakat yang memiliki jiwa entrepreneur sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Dengan bertumbuhnya usaha kecil menegah yang dikembangkan oleh masyarakat maka dapat meningkatkan devisa negara, nilai ekspo, pemanfaatan produk lokal dan asih banyak lagi dampak positif lainnya.

Mungkin saat ini anda seorang pekerja kantoran yang setiap harinya sibuk dengan aktifitas rutin anda, menjadi seorang entrepreneur bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan kebosanan anda sekaligus menigkatkan pendapatan. Jadi anda bisa saja menjadi pegawai di kantor sekaligus bos di rumah.

Pertanyaan yang mendasar adalah, bagaimana caranya saya membangun sebuah bisnis sendiri. Tentu ada resiko kan ? Bagaimana kalau gagal ? apakah saya bisa membagi waktu ? dan berbagai pertanyaan lain yang akhirnya mengurungkan niat anda untuik menjadi lebih sukses dari saat ini.

Saya ingin berbagi dengan anda beberapa langkah yang bisa anda terapkan untuk memulai sebuah bisnis.
  1. Anda harus mulai dengan menemukan ide bisnis yang ingin anda tekuni. Beberapa pemikiran yang bisa membantu anda menemukan ide tersebut adalah : apa hobi anda ? apa bidang usaha yang sedang marak saat ini ? apakah anda punya keahlian khusus yang dapat anda jual ?
  2. Setelah menemukan ide bisnis anda, anda bisa memutuskan apakah ingin membangun sendiri bisnisnya atau mengambil franchise jenis bisnis yang sudah banyak ada di pasaran saat ini. Anda juga dapat melirik bisnis online yang saat ini sedang marak di masyarakat.
  3. Bila anda ingin membuat sendiri bisnis tersebut maka sekarang kita masuk pada tahap pembuatan business plan.
  4. Tentukan perkiraan budget yang anda butuhkan untuk membangun bisnis tersebut. Budget bisa anda perkirana dengan membayangkan fixed cost seperti : biaya sewa tempat, biaya pembelian peralatan di awal serta beberapa variable cost seperti : biaya produksi, biaya transportasi, dsb.
  5. Setelah anda tahu kebutuhan biaya yang anda perlukan, saat ini anda perlu memperkirakan kemungkinan profit yang akan anda peroleh. Perkiraan pendapatan bisa anda hitung dengan melihat rata - rata penjualan yang dimiliki oleh bisnis sejenis atau berdasarkan kapasitas produksi anda.
  6. Sebaiknya anda tidak memulai bisnis ini sendiri, coba aja rekan sekerja untuk ditekuni bersama. Hal ini akan membantu anda memiliki persiapan yang lebih matang.
  7. Apabila anda sudah yakin untuk memulainya, sekarang saat yang penting bagi anda untuk menentukan brand yang akan anda pakai. Pembuatan sebuah brand akan dilihat hasilnya dari nama produk, nama tempat usaha, logo dan desain yang akan anda gunakan.
  8. Temukan orang yang tepat untuk menjadi karyawan anda, tidak harus yang berpendidikan tinggi namun harus terampil, jujur dan bisa anda ajari berbagai hal.
  9. Lakukan penetapan harga pada produk anda, ingatlah bahwa harga merupakan salah satu elemen yang penting dalam pembentukan image bisnis anda di masyarakat, serta menentukan keuntungan dari bisnis anda. Berhati - hatilah
  10. Buat rancangan untuk kegaiatan pemasaran yang ingin anda lakukan untuk memperkenalkan bisnis anda kepada masyarakat. Secara sederhana dapat anda lakukan dengan memberitahukan keluarga atau rekan - rekan terdekat anda mengenai bisnis anda yang baru
10 langkah di atas adalah gambaran besar untuk seseorang memulai berbisnis. Tidak ada yang bisa menjamin keberhasilan sebuah bisnis kecuali perencanaan anda yang matang.

Selamat memulai bisnis pribadi anda.

You Might Also Like

0 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner