FamilyMart Indonesia

Thursday, January 03, 2013


FamilyMart Co.Ltd akhirnya mengembangkan jaringannya ritelnya ke Indonesia. Bekerja sama dengan PT. Fajar Mitra Indah yang merupakan bagian dari Wings Group. Gerai pertama FamilyMart dibuka pada tanggal 16 Oktober 2012 di Cibubur dan gerai kedua sudah dibuka di daerah Bulungan Jakarta Selatan pada 17 November 2012. FamilyMart adalah jaringan ritel conveninence store yang sudah terkenal di Jepang dengan berbagai variasi makanan yang lezat serta kualitas pelayanan yang terbaik. Sebuah kolaborasi yang tepat antara FamilyMart dengan Wings Group yang sudah sangat mengenal konsumen Indonesia sejak 1948. Wings Group berhasil menjadi partner FamilyMart karena memiliki jaringan distribusi yang kuat di tanah air. Saat ini FamilyMart sudah tersebar di beberap negara melalui 21.000 outletnya.

FamilyMart menyediakan lebih kurang 2700 jenis produk non-food, processed foods, confectionary dan beverages. Yang menarik dari FamilyMart adalah area open kitchen yang menunjukkan langsung proses masak makanan yang dijual. Dengan Tagline “FamilyMart, Where You Are One of the Family,FamilyMart memberikan suasana tempat yang nyaman di setiap gerainya. Pada tanggal 25 Desember yang lalu, saya berkunjung ke gerai FamilyMart Bulungan dan menemukan banyak hal menarik di sana untuk dipelajari peritel Indonesia.



Dari kacamata saya sebagai pecinta ritel di Indonesia, FamilyMart punya konsep yang berbeda dengan peritel convenience store yang sudah ada di Indonesia seperti 7Eleven, Lawson dan Indomaret point. Melihat area toko yang sangat luas di Bulungan, ternyata tidak semua area dioptimalkan untuk display produk jualan. Banyak free space yang dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen saat menikmati makanan dan minuman di sana.



Sitting area dan area display produk dibedakan dengan memakai warna lantai kayu. Lantai atas dari FamilyMart benar – benar nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong. Berbeda dengan desain 7Eleven yang simple, FamilyMart banyak menggunakan ornamen berwarna cokelat untuk memberikan kesan nyaman dan relaks bagi konsumen yang singgah di sana. Sitting area di FamilyMart bulungan terdiri dari 3 area utama yaitu di teras toko, sitting area lantai satu dan lantai dua.

Latar belakang di Area kasir FamilyMart menarik perhatian saya ! Warna Hijau sesuai dengan logo FamilyMart membuat fokus konsumen senantiasa diarahkan ke area kasir. Meja dan area sekitar Kasir difokuskan untuk melakukan transaksi pembayaran saja. Karyawan FamilyMart tampil dengan seragam dominan hitam yang memberikan kesan eksklusif. Saya mengamati ada lebih kurang 10 Orang yang melayani konsumen pada shift siang itu. FamilyMart juga mempekerjakan tenaga security untuk mengatur parkiran dan keamanan dalam toko. Jadi sejauh ini yang saya rasakan di dalam store FamilyMart adalah tempat yang nyaman untuk belanja, makanan yang enak serta pelayanan yang eksklusif.




Setiap tiang penyangga dalam gedung FamilyMart dipasangi cermin sehingga memberikan kesan ruangan sangat luas. Sembari mengamati, saya coba menikmati beberapa makanan siap saji dan minuman yang spesila dari FamiliyMart. Dari segi kualitas sudah baik, penyajiannya juga bersih meskipun soal rasa, saya masih tetap jatuh hati dengan produk – produk 7eleven.


Coba kita lihat desain struk dari FamilyMart, sama seperti 7Eleven, FamilyMart menggunakan struk thermal berukuran kecil. Menurut saya desain cetak dari struk ini masih perlu banyak pengembangan untuk untuk efisiensi. POS kasir yang dipakai juga sudah menggunakan dual display untuk menarik perhatian konsumen terhadap promosi yang ditawarkan serta memberikan transparansi dalam transaksi. Promosi di dalam toko cukup banyak di lakukan, metode yang dipakai adalah potongan harga atau penjualan bundling product. Sarana promosi yang dipakai adalah woobler dan LCD screen.



FamilyMart di Bulungan bersebelahan dengan gerai fastfood Jepang Yoshinoya. Dari tampak depan desain toko ini, aktivitas branding logo dilakukan dengan sangat giat. Tampak 4 logo besar FamilyMart dipasang di tampak luar toko ini. Sebelum meninggalkan toko ini saya tertarik dengan tumpukan keranjang belanja yang disusun dekat pintu. Menggunakan keranjang belanja di convenience store menurut saya agak kurang tepat. Keranjang belanja biasanya dipakai pada format toko minimarket, supermarket atau hypermarket karena jenis pembelanjaan yang dilakukan adalah kebutuhan rumah tangga dalam jumlah yang cukup besar.


Itu beberapa hal yang saya amati di FamilyMart Bulungan. Perkembangan industri convenience store di Indonesia menurut saya akan semakin baik dan besar. Hal tersebut didorong oleh gaya hidup masyarakat modern yang semakin maju. Para pemain besar yang terus coba berkembang di industri conveninence store adalah 7Eleven, Indomaret Point, Lawson dan Circle K.

You Might Also Like

7 comments

  1. Blm cb k family mart, cb deh nti yah ^-^

    ReplyDelete
  2. Diantara para pemain tuk level Convenience store. Saya selalu lebih menyukai Family Mart.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka apanya bro ? Desain ? Menu ? Memang Familmart punya kesan tersendiri yang berbeda.

      Thanks for comment.

      Delete
  3. very tough competition... apakah saat ini Wings group sebagai Master Franchise di Indonesia menjual gerai bisnis nya secara waralaba kepada publik atau hanya membuka gerai sendiri ya..?

    ReplyDelete
  4. sejauh ini wings group belum membuka kesempatan franchise. Persaingan semakin ketat, pasar terus bertumbuh

    ReplyDelete
  5. bang kalau mau kirim lamarannya kenama?

    ReplyDelete

Like Us On Facebook

My Blog Partner