Your Job Is Not Your Career

Saturday, January 19, 2013


“Your Job Is Not Your Career” Sepenggal kalimat yang membuat saya dan beberapa teman bertanya – tanya apa maknanya ? Kalimat itu sering saya temukan dari Timeline @ReneCC hingga akhirnya mendorong saya untuk membeli 2 seri BlackBook yaitu “Your Job Is Not Your Career” dan “Career Snipet”. Buku yang saya baca kali ini adalah edisi revisi karya CareerCoach @ReneCC di tahun 2012.

Buku “Your Job Is Not Your Career” menjadi buku pertama yang saya nikmati di 2013 ini. Pertanyaan pertama yang diajukan @ReneCC dalam buku ini adalah Are You Happy With Your Career ? Buku ini sangat cocok dibaca untuk orang – orang yang masih bergulat untuk menemukan HAPPINESS dalam hidup dan karir serta masih berusaha menemukan Passion dalam hidupnya.

Think Less – Feel More
Worry Less – Do More

Saya belajar bahwa karir (career) dan pekerjaan (job) merupakan dua hal yang berbeda. Menurut @ReneCC perbedaannya terletak pada :


@ReneCC juga berbagi tentang konsep Carrer Triangle yang terdiri dari 3 elemen : Gaya Hidup, Kepuasan Kerja dan Kompensasi. Dalam mengembangkan karir anda, 3 elemen tersebut merupakan pilihan sesuai dengan prioritas kehidupan anda. Bila ada tahu mana elemen yang menjadi prioritas hidup anda, carilah organisasi yang sesuai dengan elemen prioritas anda sehingga anda bisa menikmati pekerjaan dan karir setiap hari.

Dalam Buku ini, @ReneCC mendorong pembaca untuk berani menemukan passion dalam berkarir serta menekuni passion untuk bisa hidup in a happy way. Menurut @ReneCC Passion bukan HOBI. Passion bukan apa yang bisa anda lakukan.

Passion is NOT what you are good at. It is what you enjoy the most !

Dalam upaya menemukan Passion, anda perlu menerapkan beberapa hal berikut
1. Believe in yourself & Be Courageous !
2. Passion datang dari hati yang tulus.
3. Perluas Horizon dengan berdiskusi bersama orang – orang yang yang bisa membantu anda.
4. Don’t hold anything back – Jangan Nanggung.
5. Be Enthusiastic and positive, butuh waktu untuk bisa memahami passion anda.
6. Nikmati prosesnya karena proses ini tidak memiliki finish line.


Saya yakin buku ini akan sangat bermanfaat bagi banyak anak muda maupun para senior ! Karena @ReneCC juga memaparkan banyak hal lain yang penting seperti Bagaimana menemukan tujuan hidup, memahami nilai – nilai positif dalam hidup danBagaimana memotivasi diri menghadapi bosannya dunia kerja. Setelah baca buku ini, saya sendiri tergerak untuk meninggalkan ‘comfort zone’ dan melakukan sesuatu yang bermakna melalui passion saya.

Anyway, buku ini saya baca selama waktu menunggu (one month notice) untuk resign dari Perusahaan tempat saya pertama kali bekerja, dan saat menulis review ini saya sedang bersiap – siap menghadapi tempat kerja baru yang sesuai dengan passion saya : MARKETING !

Selanjutnya saya akan review buku “Career Snippet” juga karya @ReneCC – Priceless Book !

You Might Also Like

1 comments

  1. Baru tau tentang buku itu.
    Think Less – Feel More
    Worry Less – Do More

    Quote nya keren euy. Cocok buat entrepreneur yang memang harus banyak bekerja dan percaya diri. Good article

    ReplyDelete

Like Us On Facebook

My Blog Partner