Menciptakan Keunggulan Bersaing

Tuesday, June 14, 2011

Dengan semakin berkembangnya persaingan bisnis ritel di Indonesia, peritel di Indonesia dituntut untuk semakin unggul dalam banyak hal. Keunggulan Bersaing merupakan aspek yang penting untuk diperhatikan untuk memenangkan persaingan bisnis. Keunggulan bersaing yang sering ditonjolkan oleh peritel adalah : ruangan belanja yang nyaman, suhu ruangan dingin, pelayanan yang ramah dan seterusnya.

Selain Keunggulan bersaing, dalam kompetisi bisnis selalu ada yang disebut dengan standar minimun. Standar minimum merupakan tuntutan dsara yang harus dipenuhi oleh peritel untuk masuk dalam pasar persaingan. Konsumen merupakan juri yang akan menentukan apa saja standar mnimum yang diinginkan terhadap peritel.

Satu lah yang sering dilupakan, dengan berjalannya waktu keunggulan bersaing bisa mertransformasi menjadi standar minimum. Bila kita melihat kebelakang sekitar 10 tahun lalu, saat masih sedikit peritel yang menggunakan AC di setiap gerainya maka ruangan ber-AC merupakan keunggulan bersaing bagi peritel. BErbeda dengan masa sekarang di mana hampir semua peritel telahmenggunakan AC di dalam ruangan belanja, maka bagi konsumen ruangan ber-AC bukan lagi nilai tambah atau keunikan yang ditawarkan namun sudah menjadi standar minimum yang harus dimiliki oleh peritel.

Di masa sekarang ini dengan berkembangnya penyaluran infromasi, keunggulan bersaing harus terus dikembangkan oleh setiap peritel secara berkala. Karena keunggulan bersaing sering kali akan berubah menjadi standar minimum dalam waktu singkat karena duplikasi oleh pesaing.

Penerapan :
  1. Evaluasi hal - hal yang menjadi keunggulan bersaing bisnis anda secara berkala
  2. Ciptakan keunggulan bersaing baru yang unik dan diambil dari kebutuhan dasar konsumen
  3. Setiap kali anda memiliki keunggulan bersaing yang baru, maka lakukan transfer informasi kepada pelanggan sehingga pelanggan mengerti dan dapat meberikan respon untuk pengembangan

You Might Also Like

0 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner