Sistem Antrian

Tuesday, June 14, 2011


"Mengantri adalah kegiatan yang membosankan" mungkin anda memiliki pemikiran yang sama dengan statement saya di awal. Bagi konsumen, mengantri merupakan aktivitas yang kurang menyenangkan bila konsumen harus menunggu terlalu lama.

Antiran sering kali terjadi pada waktu "Prime Time" seperti : Jam makan siang, jam pulang kantor, weekend dan menjelang hari raya. Semua peritel juga memiliki harapan agar konsumen tidak perlu mengantri panjang di area Kasir. Namun apa daya, karena keterbatasan space dan investasi untuk SDM dan komputer peritel seringkali menyediakan sarana kasir yang tidak sebanding dengan jumlah konsumennya.

Dengan segala keterbatasan tersebut, peritel harus mampu melakukan manajemen antrian sehingga konsumen tidak menunggu terlalu lama. Peritel harus menggunakan SDM yang tangkas dalam bergerak sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melayani konsumen tidak terlalu lama. Peritel juga harus melakukan investasi teknologi seperti menggunakan scanner barcode sehingga mempercepat kerja kasir.

Upaya lain yang perlu dilakukan adalah menciptakan "Queue Distraction". Yang dimaksudkan dengan Queue Distraction adalah menciptakan suasana di sekitar area kasir dengan sarana-sarana yang bisa menarik perhatiank konsumen. Dengan demikian konsumen tidak akan terfokus pada lamanya antrian. Beberapa Queue Distraction yang bisa digunakan adalah : memasang sarana multimedia seperti lcd untuk iklan di area kasir, memasang sarana - sarana cetak promosi di sekitar area kasir, melakukan pemajangan assortment di sepanjang jalur antrian (cth : majalah, candies and snack, softdrink atau produk-produk homebrand), memasang informasi - informasi non-komersil seperti tips dan trick belanja.

Penerapan :

  1. Lakukan sampling panjang antrian dan rata-rata waktu tunggu setiap bulannya. 
  2. Persiapkan sarana kasir tambahan pada masa prime time 
  3. Ciptakan proses transaksi kasir yang efektif dengan bantuan perangkat komputer dan scanner 
  4. Bedakan antrian antara pembelanjaan dalam jumlah besar dan jumlah kecil 
  5. Ciptakan hiburan bagi konsumen pada saat berada pada antrian sehingga bisa mengalihkan perhatian konsumen dari lamanya mengantri

You Might Also Like

0 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner