Circle K - Berganti Wajah Baru

Friday, November 25, 2016


Saya terkejut saat melewati salah satu gerai Circle K di kota Denpasar Bali. Rasanya seperti ada yang baru dari tampilan pemain Convience Store yang sudah paling lama ada di Indonesia. Ya tidak salah kalau saya menyebut Circle K sebagai peritel dengan konsep Convenience Store paling lama di Indonesia karena sejak 25 tahun yang lalu Circle K sudah menerapkan konsep Convenience Store jauh sebelum ada nya 7-11, Indomaret Point dan Lawson masuk ke Indonesia.

Sebagian besar outlet Circle K yang ada di Indonesia bertumbuh dengan baik di Pulau Dewata Bali. Circle K merupakan jaringan ritel internasional yang awalnya lahir di Texas dan saat ini dimiliki oleh Alimentation Couche-Tard Inc.  Meskipun sudah berada lama di Indonesia, namun Circle K memang jarang tampak agresif dalam kegiatan marketing ataupun pengembangan outletnya bila dibandingkan dengan apa yang dilakukan Indomaret dan Alfamart. Jujur saya terkejut dan suka dengan desain Logo Circle K yang baru saat ini, terasa lebih segar dan modern lebih relevan untuk Target marketnya yang mengincar Urban and Modern Young Adult.




Setelah mencari - cari informasi ternyata perubahan logo dan desain Circle K yang saat ini terjadi merupakan bagian dari strategi Alimentation Couche-Tard Inc. untuk menggabungkan branding dari beberapa bisnis ritel yang mereka miliki. Alimentation Couche-Tard Inc. memilki 4 brand ritel yang kemudian berubah wajah menggunakan Circle K sebagai nama tokonya. Lebih detail perubahannya bisa kita pelajari dari Video berikut :


Perubahan logo ini belum saya temukan pada outlet Circle K yang ada di Jakarta. Memang biasanya saat terjadi proses pembaharuan logo, peritel akan fokus untuk menerapkannya pada area yang menjadi fokus utama mereka, dalam hal ini di Pulau Bali yang konsumennya di dominasi para turis asing. Gimana menurut kalian dengan logo Circle K yang baru ini ? silahkan beri komentar di bawah ini.

You Might Also Like

0 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner