Ministop Indonesia : Penantang Baru dari Jepang

Tuesday, October 22, 2013

Ministop Convenience Store telah hadir di Jakarta - Indonesia. Ministop merupakan salah satu unggulan Convenience Store di Jepang, kehadirannya menjadikan Industri convenience store di Indonesia semakin seru. Beberapa pemain convenience store di Indonesia adalah : Indomaret Point, 7-Eleven, Familymart dan Circle K. Ministop sudah hadir di Jakarta sejak bulan Juni 2013 di Bintaro, namun baru saya bahas kali ini karena Tanggal 18 September 2013 kemarin baru saja dibuka Gerainya yang kedua di Jalan Barito 2 No.17 Jakarta Selatan.

Sebelum memberikan review, saya mau pastikan kita paham soal convenience store. Convenience store secara kasat mata tampak sama dengan Minimarket (Indomaret dan Alfamart) namun pada implementasinya convenience store lebih mirip sebuah Cafe shop dibandingkan Grocery shop. Karena di convenience store disediakan product - product makanan segar yang lebih banyak serta area duduk yang nyaman bagi pengunjungnya.

Ministop di Indonesia dibawa oleh PT Bahagia Niaga Lestari, yang merupakan anak perusahaan dari PT Supra Boga Lestari (RANC). PT. Supra Boga Lestari saat ini sudah memiliki jaringan ritel Ranch Market dan Farmers Market supermarkets di Indonesia.

Ministop menjadikan warna Kuning, Biru dan Orange sebagai brand colour identity nya. Saat masuk ke outletnya, saya sangat terkesan dengan interior yang mewah seperti Lantai Desain kayu yang membuat suasana hangat dan nyaman di dalam toko.



Dengan melihat lantai kayu seperti itu, hal pertama yang muncul di pikiran saya adalah "wah gimana caranya mereka masukkan barang ke gudang yah ? Pastinya lantai akan cepat rusak" . Suasana di dalam toko sangat nyaman dengan tersedianya area duduk yang nyaman. Bagi para perokok tidak perlu kuatir karena meja dan kursi juga tersedia di area luar toko :) Detail penting yang cukup diperhatikan oleh Ministop adalah tersedianya terminal listrik di setiap meja duduk di dalam toko. Sudah pasti Ministop tahu bahawa kebiasaan banyak orang saat ini sewaktu mampir untuk makan dan minum di area umum adalah sembari mengisi baterai Gadget mereka.

Saat menyusuri lorong rak produk, saya memperhatikan deretan rak berwarna Cokelat Tua yang digunakan di Ministop benar - benar menunjukkan kesan Premium Service yang tidak kita temukan di convenience store lainnya di Indonesia kecuali pada rak - rak milik Circle K. Di rak produk, saya menemukan sebuah kategori product baru yang didisplay di rak. Kategori produk tersebut berisi berbagai aksesoris pendukung untuk berbagai gadget anda seperti charger, kabel usb hingga headphone beraneka warna.



Kategori baru yang saya temukan juga di Ministop adalah kategori produk Nail Art, sejauh ini saya belum menemukan peritel di Indonesia yang khusus membuat kategori ini di toko mereka. Menurut saya kategori ini cocok untuk dimiliki Ministop karena karakter Jepang yang kental di toko ini serta target marketnya yang memang berorientasi pada Gaya Hidup anak mudah di Kota besar seperti Jakarta.


Tentunya setiap convenience store memiliki area yang berisi berbagai jenis minuman Ready To Drink. Saya menemukan proses penjualan yang sedikit berbeda dibandingkan convenience store yang ada di Indonesia. Di Ministop kita harus membayar dan memilih minuman lebih dulu di Kasir, kemudian kasir akan memberikan gelas kosong yang kemudian kita gunakan untuk mengambil minuman.






Sewaktu akan mengambil minuman saya tidak menemukan Ice Cube Dispenser dekat mesin minuman. Ternyata untuk mengambil Ice Cube kita harus minta lagi di Kasir. Sedikit merepotkan sih menurut saya bila dibandingkan dengan 7-Eleven, tapi mungkin itu SOP yang memang diibuat untuk mempermudah proses pengawasan stok dan penjualan di toko.



Tagline yang ditonjolkan oleh Ministop adalah "The Refreshment Station Near You" Jadi selain tempat dengan interior yang nyaman, minuman yang segar, tentunya Ministop juga menyediakan makan Ready To Eat yang beragam untuk konsumen.




Menurut saya untuk harga produk Ready To Eat yang disediakan tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan convenience store lain yang ada di Jakarta. Jangan ragu untuk meminta kasir menghangatkan makanan anda bila diinginkan.

Selain 2 Kategori Produk baru, saya juga menemukan 2 layanan yang berbeda di Ministop yaitu layanan Fotocopy serta Pengisian Pulsa Handphone Self Service.





Kalau melihat rak majalah di Ministop, masalah yang timbul hampir sama dengan 7-Eleven sewaktu pertama kali ada di Indonesia. Ministop menyediakan majalah dalam kondisi tidak terbungkus plastik. Akibatnya banyak orang yang membaca majalah tersebut kemudian meninggalkannya dalam kondisi yang acak - acakan.

Beberapa waktu sebelum meninggalkan outlet Ministop, akhirnya saya menemukan jawaban atas pertanyaan saya di awal tulisan ini mengenai lantai kayu yang dipakai di dalam toko. Ternyata Ministop memiliki pintu masuk khusus untuk memasukkan barang dari truk ke area gudang. Sejauh ini, saya belum melihat banyak convenience store yang memakai layout design seperti itu karena tentunya alasan optimalisasi lahan. 



Demikian beberapa hal yang saya amati dan dapat disharingkan dengan pembaca www.beanpedia.net semoga bermanfaat buat para pelaku ritel di Indonesia dalam mengembangkan Inovasi di dalam toko sehingga tetap mampu bersaing dengan Para Peritel kelas dunia. buat para pecinta kongkow" di Jakarta, tentunya ini bisa jadi salah satu alternatif baru untuk hangout di waktu - waktu santai.

You Might Also Like

2 comments

  1. baru tau kalo ada brand kek gini

    ReplyDelete
  2. jadi penasaran bin..thanks for sharing yaa -tiva

    ReplyDelete

Like Us On Facebook

My Blog Partner