Analisis Fundamental - RH Liembono

Tuesday, July 16, 2013

Analisis Fundamental, bagi rekan - rekan yang ingin berinvestasi atau trading di pasar saham tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Analisis Fundamental dilakukan berdasarkan kondisi perusahaan sesuai dengan laporan keuangan yang dirilis setiap 3 bulan, untuk memperkirakan kondisi perusahaan di masa depan. Yang pastinya kita tahu bahwa kondisi perusahaan (LABA, HUTANG dan PENDAPATAN) akan sangat berpengaruh pada harga sebuah emiten saham.

Buku Analis Fundamental untuk pasar modal Indonesia ditulis oleh salah satu rekan saya RH Liembono . Oh ya sebelum saya melanjutkan, buku ini tidak bisa di dapatkan di toko buku tapi bisa langsung di Order ke penulisnya.

Yang mendorong saya membeli buku ini adalah rasa ingin tahu yang besar terhadap RH Liembono yang sudah berhasil Trading for Living dari pasar saham di Indonesia. Buku ini dibawakan dengan gaya bahasa yang sangat sederhana karena menggunakan ilustrasi yang mudah kita pahami dari kehidupan sehari - hari. Salah satu ilustrasi yang menarik bagi saya adalah saat RH Liembono menjelaskan konsep berpikir tentang bisnis saham dengan kisah dirinya berjualan Roti sewaktu SD !

Untuk memulai analisis fundamental, kita bisa mulai dari menganalisa sektor industri yang sedang mengalami Up Tren setiap tahunnya ini disebut dengan Analisa Makro Ekomomi. RH Liembono memberikan sedikit hints tentang indsutri yang menjadi tren sejak 2010 hingga tahun 2013. Salah satu industri yang terus mengalami pertumbuhan setiap tahun salah satunya adalah dari Produk Konsumsi seperti makana dan kebutuhan sehari - hari, tentunya hal tersebut di dorong oleh kebutuhan masyarakat yang terus bertumbuh oleh kenaikan populasi di Indonesia.

Dalam buku ini juga saya menemukan cara mudah untuk bisa menghitung Harga Wajar sebuah emiten saham (bukan murah atau tidak tapi wajar atau tidak wajar). Metode pengitungan yang digunakan menurut saya simpel dan bisa dilakukan orang awam sekalipun. Oh ya, RH Liembono punya website yang setiap hari memberikan kita update tentang saham di Indonesia www.BEI5000.com . ANWY, saya baru tahu kalau nama web itu merupakan keyakinan RH Liembono bahwa IHSG akan mencapai level 5000.

RH Liembono dalam bukunya juga menyampaikan beberapa gaya investasi yang menurut saya 'berbeda' dari kebanyakan analis pada umumnya. Beberapa tips menarik yang diberikan :
  • Teknik memilih kucing dalam karung
  • Membeli Saham gorengan untuk investasi jangka panjang
  • Tidak membeli saham Blue Chip saat pasar sedang dalam kondisi normal
  • Memilih emiten yang perusahaannya dapat mengendalikan harga jual produk nya sendiri.
Menurut saya buku ini cocok dibaca oleh para Investor pemula yang ingin belajar lebih dalam tentang pasar saham. Metode yang dipakai tidak rumit namun cukup komprhensif.

Bagian paling seru dari buku ini menurut saya adalah saat RH Liembono menceritakan behind the scene dari Trading for Living yang dijalani. Anda pasti akan takjub bagaimana RH Liembono bisa mendapatkan keuntungan dari Mengganti Bohlam Lampu, Mengatur Pemakaian Internet Hingga mengatur Sirkulasi udara di rumahnya.

Selamat Membaca.

You Might Also Like

1 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner