Golden Eye Level

Friday, December 21, 2012

Hello semuanya, kembali lagi nih saya mau berbagi tentang sedikit ilmu bisnis ritel yang saya pelajari. Sejujurnya www.beanpedia.net agak jarang di update karena @beanpedia lagi sibuk nulis - nulis juga di www.banyakbanget.com 

Dalam bisnis ritel, penempatan display produk yang benar menjadi faktor penting untuk mendorong penjualan. Pada bisnis ritel jenis grocery, display produk umumnya menggunakan rak dengan shelving bertingkat. Tinggi rak display bisa berkisar 120 hingga 170 cm dengan jumlah shelving berkisar 5 - 7 susun.

Dari keseluruhan rak display, tidak semua baris shelving bisa dilihat dengan mudah oleh konsumen. Ada area yang sering disebut sebagai Golden eye level yaitu area seluas 40 - 60 derajat dari posisi penglihatan manusia (asumsi ketinggian konsumen Indonesia dewasa antara 150 - 170 cm). Golden eye level merupakan area display cenderung pertama kali diperhatikan oleh konsumen saat berdiri di depan rak display.

Golden Eye Level

Dengan meletakkan produk - produk anda di area Golden eye level secara otomatis memberikan peluang terbeli yang lebih tinggi. Pemanfaatan dari Golden eye level dapat dilihat dari berbagai sisi, misalnya :
  1. Area tersebut dapat dijual lebih mahal kepada principal.
  2. Letakkan product - product dengan harga promosi di area tersebut untuk menciptakan "image murah" dibenak konsumen.
  3. Letakkan product - product dengan brand yang tidak terlalu terkenal atau termasuk product yang kurang laku. Manfaatnya adalah produk - produk tersebut paling tidak akan dilihat oleh konsumen dan memberikan peluang untuk bisa terjual.
  4. Dalam operasional toko, pastikan area tersebut selalu dalam kondisi bersih, produk tidak kosong dan label harga tepasang dengan jelas. 
Tentunya setiap peritel memiliki desain rak display yang bervariasi. Untuk menemukan Golden eye level  sesuai dengan spesifikasi rak di toko anda, lakukanlah ujicoba sendiri dengan berdiri pada jarak 1 meter dari rak display. Pada posisi kepala menatap lurus ke depan, sejauh mana anda masih bisa melihat produk dengan baik. itu adalah Golden eye level untuk toko anda.

Selama mencoba dan tingkatkan sales melalui dusplay yang benar !


You Might Also Like

0 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner