Indomaret Point : Inovasi Pemimpin Pasar Menghadapi Kompetitior Asing
Tuesday, January 08, 2013
7Eleven, FamilyMart dan Lawson
merupakan peritel jenis convenience store
yang baru saja meramaikan kompetisi pasar ritel Indonesia dalam 2 tahun
terakhir ini. Dengan konsep yang modern serta makanan / minuman cepat saji,
para peritel asing coba untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat muda
yang berkembang di kota Metropolitan seperti JAKARTA.
Siapa pebisnis lokal yang otomatis menjadi pesaing sekunder
dari para peritel asing ini ? Sudah tentu adalah pemilik minimarket lokal
seperti Indomaret. Kenapa saya sebut
dengan pesain sekunder ? Karena konsep desain ada sedikit perbedaan antara convenience store dan minimarket, namun
isi produk yang ditawarkan hampir sama. Sebagai pelopor minimarket di
Indonesia, Indomaret tentu punya strategi
sendiri dalam menghadapi peritel asing. Kalau Indomaret selama
ini fokus pada KEBUTUHAN HIDUP masyarakat, strategi kali ini harus menyasar
GAYA HIDUP.
Dengan struktur umbrella
brand, Indomaret meluncurkan konsep Indomaret
Point. Indomaret Point merupakan
produk inovasi untuk menjawab GAYA HIDUP dan strategi untuk menyaingi 7Eleven,
FamilyMart dan Lawson. Indomaret Point memiliki
identitas logo yang hampir serupa dengan Indomaret namun dengan penekanan nama
“Point”.
Saat ini Indomaret Point sudah tersebar
sebanyak lebih kurang 100 outlet di beberapa kota di indonesia. Di Jakarta bisa
anda temukan di daerah kampus seperti Kemanggisan, Mall besar seperti Central
park dan Senayan City. Kalau anda punya waktu untuk berlibur di Bali, anda akan
menemukan banyak gerai Indomaret Point di sepanjang legian dan Kuta. Indomaret Point juga bisa
ditemukan di berbagai perkantoran besar di Jakarta, bandar udara hingga stasiun
kereta api.
Indomaret Point punya ciri khas
yang berbeda dengan konsep minimarket Indomaret karena menyediakan sitting area dan berbagai makanan / minuman cepat saji. Kalau anda
datang ke gerai Indomaret Point yang ada di
sekitar Kuta dan legian, anda akan mendengarkan sapaan dari personil toko dalam
bahasa Inggris apabila turis yang masuk adalah turis mancanegara. Produk
unggulan dari Indomaret Point ada merek Yummy
Choice, Yummy Suki, Yummy Pau dan Freezy Say Bread.
Yang saya perhatikan dari produk makanan dan minuman siap
saji di Indomaret Point, semua
menunya punya cita rasa yang sudah disesuaikan dengan kegemaran lidah lokal.
Komposisi produk yang dijual juga tidak didominasi oleh merek – merek asing.
Yang paling penting buat kacamata konsumen, Indomaret Point juga
selalu punya berbagai promosi menarik untuk konsumennya.
Indomaret Point memberikan extra services bagi pelanggannya dengan free wifi serta tempat charge handphone di sitting area. Salah satu aktivitas promosi yang menarik di Indomaret
Point adalah lokasi Indomaret Point seringkali
dipakai untuk promosi launching album
bagi para musisi yang bekerja dengan Indomaret dalam penjualan CD
mereka.
Secara keseluruhan, anda pasti puas dengan konsep baru yang
ditawarkan Indomaret Point melalui produk
dan layanan yang diberikan. Sekarang pilihan nongkrong anak muda jadi semakin
banyak. Sebagai pelaku pasar dalam industri apapun, jangan pernah berhenti
untuk berinovasi dan memahami perubahan kebutuhan yang ada di masyarakat. The
best product came from Market-Based insight.
2 comments
Punya usaha makanan cepat saji?
ReplyDeleteBisa coba gunakan Tray Makanan.
Tahan air, tahan minyak dan gratis cetak.
Lebih lengkap bisa klik di sini.
Perencana Keuangan
ReplyDelete