FamilyMart Indonesia
Thursday, January 03, 2013
FamilyMart Co.Ltd akhirnya mengembangkan jaringannya
ritelnya ke Indonesia. Bekerja sama dengan PT. Fajar Mitra Indah yang merupakan
bagian dari Wings Group. Gerai pertama FamilyMart dibuka pada tanggal 16 Oktober
2012 di Cibubur dan gerai kedua sudah dibuka di daerah Bulungan Jakarta Selatan
pada 17 November 2012. FamilyMart adalah jaringan ritel conveninence store yang
sudah terkenal di Jepang dengan berbagai variasi makanan yang lezat serta
kualitas pelayanan yang terbaik. Sebuah kolaborasi yang tepat antara FamilyMart
dengan Wings Group yang sudah sangat mengenal konsumen Indonesia sejak 1948.
Wings Group berhasil menjadi partner FamilyMart karena memiliki jaringan
distribusi yang kuat di tanah air. Saat ini FamilyMart sudah tersebar di
beberap negara melalui 21.000 outletnya.
FamilyMart menyediakan lebih kurang 2700 jenis produk
non-food, processed foods, confectionary dan beverages. Yang menarik dari
FamilyMart adalah area open kitchen yang menunjukkan langsung proses masak
makanan yang dijual. Dengan Tagline “FamilyMart, Where You Are One of the
Family,” FamilyMart memberikan suasana tempat yang nyaman di setiap gerainya.
Pada tanggal 25 Desember yang lalu, saya berkunjung ke gerai FamilyMart
Bulungan dan menemukan banyak hal menarik di sana untuk dipelajari peritel
Indonesia.
Dari kacamata saya sebagai pecinta ritel di Indonesia,
FamilyMart punya konsep yang berbeda dengan peritel convenience store yang
sudah ada di Indonesia seperti 7Eleven, Lawson dan Indomaret point. Melihat area
toko yang sangat luas di Bulungan, ternyata tidak semua area dioptimalkan untuk
display produk jualan. Banyak free space yang dibuat untuk memberikan
kenyamanan bagi konsumen saat menikmati makanan dan minuman di sana.
Sitting area dan area display produk dibedakan dengan memakai
warna lantai kayu. Lantai atas dari FamilyMart benar – benar nyaman untuk
dijadikan tempat nongkrong. Berbeda dengan desain 7Eleven yang simple,
FamilyMart banyak menggunakan ornamen berwarna cokelat untuk memberikan kesan
nyaman dan relaks bagi konsumen yang singgah di sana. Sitting area di
FamilyMart bulungan terdiri dari 3 area utama yaitu di teras toko, sitting area
lantai satu dan lantai dua.
Latar belakang di Area kasir FamilyMart menarik perhatian
saya ! Warna Hijau sesuai dengan logo FamilyMart membuat fokus konsumen senantiasa
diarahkan ke area kasir. Meja dan area sekitar Kasir difokuskan untuk melakukan
transaksi pembayaran saja. Karyawan FamilyMart tampil dengan seragam dominan hitam yang memberikan
kesan eksklusif. Saya mengamati ada lebih kurang 10 Orang yang melayani
konsumen pada shift siang itu. FamilyMart juga mempekerjakan tenaga security
untuk mengatur parkiran dan keamanan dalam toko. Jadi sejauh ini yang saya
rasakan di dalam store FamilyMart adalah tempat yang nyaman untuk belanja,
makanan yang enak serta pelayanan yang eksklusif.
Setiap tiang penyangga dalam gedung FamilyMart dipasangi
cermin sehingga memberikan kesan ruangan sangat luas. Sembari mengamati, saya
coba menikmati beberapa makanan siap saji dan minuman yang spesila dari
FamiliyMart. Dari segi kualitas sudah baik, penyajiannya juga bersih meskipun
soal rasa, saya masih tetap jatuh hati dengan produk – produk 7eleven.
Coba kita lihat desain struk dari FamilyMart, sama seperti
7Eleven, FamilyMart menggunakan struk thermal berukuran kecil. Menurut saya
desain cetak dari struk ini masih perlu banyak pengembangan untuk untuk
efisiensi. POS kasir yang dipakai juga sudah menggunakan dual display untuk
menarik perhatian konsumen terhadap promosi yang ditawarkan serta memberikan
transparansi dalam transaksi. Promosi di dalam toko cukup banyak di lakukan,
metode yang dipakai adalah potongan harga atau penjualan bundling product.
Sarana promosi yang dipakai adalah woobler dan LCD screen.
FamilyMart di Bulungan bersebelahan dengan gerai fastfood
Jepang Yoshinoya. Dari tampak depan desain toko ini, aktivitas branding logo
dilakukan dengan sangat giat. Tampak 4 logo besar FamilyMart dipasang di tampak
luar toko ini. Sebelum meninggalkan toko ini saya tertarik dengan tumpukan
keranjang belanja yang disusun dekat pintu. Menggunakan keranjang belanja di
convenience store menurut saya agak kurang tepat. Keranjang belanja biasanya
dipakai pada format toko minimarket, supermarket atau hypermarket karena jenis
pembelanjaan yang dilakukan adalah kebutuhan rumah tangga dalam jumlah yang
cukup besar.
Itu beberapa hal yang saya amati di FamilyMart Bulungan.
Perkembangan industri convenience store di Indonesia menurut saya akan semakin
baik dan besar. Hal tersebut didorong oleh gaya hidup masyarakat modern yang
semakin maju. Para pemain besar yang terus coba berkembang di industri
conveninence store adalah 7Eleven, Indomaret Point, Lawson dan Circle K.
7 comments
Blm cb k family mart, cb deh nti yah ^-^
ReplyDeleteHaha iyah. Bagus loh
DeleteDiantara para pemain tuk level Convenience store. Saya selalu lebih menyukai Family Mart.
ReplyDeleteSuka apanya bro ? Desain ? Menu ? Memang Familmart punya kesan tersendiri yang berbeda.
DeleteThanks for comment.
very tough competition... apakah saat ini Wings group sebagai Master Franchise di Indonesia menjual gerai bisnis nya secara waralaba kepada publik atau hanya membuka gerai sendiri ya..?
ReplyDeletesejauh ini wings group belum membuka kesempatan franchise. Persaingan semakin ketat, pasar terus bertumbuh
ReplyDeletebang kalau mau kirim lamarannya kenama?
ReplyDelete